Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berkenalan dengan Cerium


Hai! Perkenalkan, aku Ce, salah satu anggota dari keluarga logam lantanida. Nama panjangku adalah Cerium. Nama ini mungkin terdengar agak asing, bukan? Ya, memang begitu adanya. Keluargaku bukanlah unsur-unsur yang terkenal seperti karbon atau hidrogen. Tidak heran jika tidak banyak orang yang mengenal kami secara dekat. Namun, perlu kalian ketahui bahwa di antara anggota keluarga lantanida lainnya, aku adalah yang paling melimpah di muka bumi! Dan aku sangat bangga akan hal ini. Oh ya, nomor atomku adalah 58, dan massa atom relatifku adalah 140,12 gram/mol.

Aku pertama kali ditemukan oleh Jöns Jakob Berzelius dan Wilhelm Hisinger di Bastnäs, sebuah wilayah di Swedia, pada tahun 1803. Mereka kemudian menamai aku 'Cerium', diambil dari nama asteroid yang ditemukan dua tahun sebelumnya, yaitu 'Ceres'. Saat pertama kali diisolasi, aku berbentuk oksida yang disebut 'Cerium'. Di alam, aku bisa ditemukan dalam berbagai jenis mineral, seperti monazite dan xenotime. Aku bisa menjadi logam murni melalui proses elektrokimia. Selain itu, aku juga dapat ditemukan dalam produk-produk pembelahan radioaktif seperti uranium, plutonium, dan thorium. Ada empat isotop stabil dari diriku yang ada di alam: cerium-140 (88,48%), cerium-142 (11,07%), cerium-138 (0,250%), dan cerium-136 (0,193%).

Aku berwujud logam yang mirip dengan besi, berwarna keperakan dan lunak. Aku mudah berikatan dengan atom oksigen, sehingga pada suhu kamar, aku mudah berkarat, terutama jika udara lembap. Aku juga termasuk logam yang dapat ditempa. Dalam air dingin, aku terdekomposisi dengan lambat, tetapi jika berada dalam air hangat, aku dapat terdekomposisi dengan cepat. Ketika aku marah, suhu tubuhku bisa mencapai 795°C. Tapi hati-hati, jika kemarahanku mencapai puncaknya, tubuhku akan menjadi lebih panas lagi, mencapai 3257°C, dan aku akan mulai mendidih!

Para ilmuwan juga percaya bahwa aku memiliki empat bentuk alotropi yang berbeda. Pada suhu kamar dan tekanan atmosfer, aku disebut cerium-γ. Saat suhu turun di bawah -16°C, aku berubah menjadi cerium-β. Di bawah suhu -172°C, aku berubah lagi menjadi cerium-α. Transformasiku terakhir terjadi pada suhu -269°C.

Dalam kehidupan manusia, aku memiliki beberapa manfaat, seperti menjadi komponen dalam paduan aluminium dan magnesium. Senyawa yang mengandung aku juga banyak dimanfaatkan oleh manusia. Sebagai contoh, cerium oksalat digunakan sebagai obat anti-mual, dan cerium oksida sering digunakan sebagai pelumas kaca.

Nah, itulah sekilas cerita tentang diriku, Cerium. Sebenarnya, masih banyak hal lain yang belum aku ceritakan di sini. Beberapa di antaranya bahkan belum diketahui oleh para ilmuwan. Aku harap, setelah perkenalan singkat ini, kalian akan tertarik untuk lebih memahami aku, Cerium dari keluarga lantanida, secara lebih mendalam. Aku akan menunggu hasil penelitian kalian!


Post a Comment for "Berkenalan dengan Cerium"